Lampung Travelling Lampung Travelling
Selamat Datang Di Blog Lampung Travelling
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog kami,
semoga apa yang kami share di sini bisa bermanfaat dan memberikan informasi pada kita semua
untuk menjalin persahabatan dan menjalin tali persaudaraan antara anda dan Lampung Travelling.

Danau Ranau

Danau Ranau adalah danau terbesar ke dua di Sumatera. Danau ini terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat ProvinsiLampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan Provinsi Sumatera Selatan. Danau ini tercipta dari gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung berapi yang membuat cekungan besar. Terletak pada posisi koordinat  4°51′45″LS,103°55′50″BT. Secara geografis topografi Danau Ranau adalah perbukitan yang berlembah hal ini praktis menjadikan Danau Ranau memiliki cuaca yang sejuk. Danau terkenal dengan ikan air tawarnya yang khas dan para nelayan sering mencari ikan di danau ini, ikan-ikan khas ranau seperti mujair, kepor, kepiat, dan harongan. Ukuran ikan di Danau Ranau bervariasi mulai dari ukuran kecil sampai ukuran besar yang besarnya bisa seukuran bantal.
Tepat di tengah danau terdapat pulau yang bernama Pulau Marisa. Di sana terdapat sumber air panas yang sering digunakan para penduduk setempat ataupun para wisatawan yang datang ke pulau tersebut,di Danau Ranau juga terdapat air terjun, dan penginapan. Danau ini juga menjadi objek wisata andalan dari Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan.

Disekitar Danau Ranau juga 3 terdapat tempat wisata yang dapat anda kunjungi jika anda memilih wisata mewah yang pertama adalah tempat wisata pusri, disini tersedia villa untuk menginap para wisatawan yang berkunjung di Danau Ranau, selain tempat wisata pusri  yang kedua adalah tempat wisata air panas yang terletak agak jauh dari wisata pusri ditempat wisata yang kedua ini wisatawan akan memanjakan diri berendam untuk melepas lelah setelah perjalanan yang ditempuh untuk mencapai Danau Ranau yang ketiga adalah tempat wisata yang dapat anda kunjungi jika anda memiliki jiwa adventure yaitu Gunung Seminung, gunung yang terletak persis disamping danau akan memanjakan mata anda untuk menikmati pemandangan Danau Ranau dari puncak, puncak gunung ini dapat ditempuh kurang lebih sekitar 4 jam jadi untuk mencapai puncak Gunung Seminung tidak terlalu lama.

Jika anda memilih wisata yang berniat belajar tentang budaya Ogan Komering Ulu(Oku) Selatan anda bisa memilih tempat yang terletak didesa sekitar Danau Ranau tersebut bukan di Tempat Wisata Pusri, jika anda berniat belajar kehidupan masyarakat ogan komering ulu (OKU) selatan maka hal yang dapat anda lakukan adalah Ngera’as (menembak ikan Di Danau Ranau) kegiatan masyarakat yang bisa kita pelajari anda juga bisa menaiki jukung(perahu khas Danau Ranau) dengan perahu ini anda dapat berkeliling danau dengan tenang dan dapat melihat suasana ditengah danau “Asik Pasti” dan masih banyak hal yang dapat anda lakukan disekitar Danau Ranau ini.

Itulah sekilas informasi yang mungkin sedikit membantu anda untuk mengenal Danau Ranau, danau dengan budaya Etnik yang kental, dan akan membuat anda kembali lagi untuk mempelajari budaya di Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan. Nah jika anda ingin menikmati pemandangan Danau Ranau Team Lampung Travelling siap membantu anda, untuk mengetahui lebih jelasnya silahkan hubungi team Lampung Travelling

Enter your email address to get update from Kompi Ajaib.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Lampung Travelling - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger